Rabu, 11 Januari 2017

PANDUAN PENDAFTARAN SISWA BARU SDIT SALSABILA 2 YOGYAKARTA



PANDUAN PENDAFTARAN SISWA BARU
SDIT SALSABILA 2 YOGYAKARTA TAHUN 2017

PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin, segala puji hanya bagi Allah SWT, Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya. Semoga dengan selalu membaca sholawat kita kelak akan mendapat syafa’atnya dihari yaumil qiyamah. Aamiin.
Upaya untuk mewujudkan anak-anak cerdas dan berakhlak mulia pasti menjadi impian kuat bagi setiap lembaga pendidikan. Cerdas saja belum cukup, anak-anak harus punya keyakinan kuat yang mereka pegangi agar bisa tegak kepalanya, mantap langkahnya, jelas tujuannya dan ada alasan yang kuat untuk bertindak dan bekerja keras.
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila 2 Klaseman berkeinginan kuat mewujudkan hal itu dengan menyiapkan seperangkat kurikulum dan tenaga pendidik yang secara terus menerus diasah visi perjuangannya dalam menegakkan kalimat Laa ilaha illallah. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Salsabila 2 Klaseman berdiri tahun 2004, berafiliasi ke Dinas Pendidikan dengan ijin operasional No. 102040213999 dan dengan SK Pendirian Sekolah Dasar Swasta No 434/KPTS/2011.
Sekolah yang terletak di Klaseman RT.6 RW.28 Sinduharjo Ngaglik Sleman ini dikelola oleh Lembaga Pendidikan Islam LPI Salsabila, Yayasan SPA Indonesia. Sekolah ini dikelola dengan waktu pendidikan fullday school dan kurikulum integrated. Keinginan mewujudkan anak-anak yang cerdas dan berakhlak mulia merupakan visi utama berdirinya SDIT Salsabila Klaseman.
Panduan pendaftaran siswa baru ini dimaksudkan sebagai arahan dari panitia agar semua calon wali siswa mengetahui prosedur dan langkah-langkah dalam mendaftarkan putra-putrinya sebagai siswa di SDIT Salsabila 2 Klaseman. Semoga panduan ini bermanfaat bagi orang tua calon siswa- siswi SDIT Salsabila 2 Klaseman dan kita semua.  Amin .
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Sleman, 1 Desember 2017
Panitia PPDB
SDIT Salsabila 2 Klaseman



PENERIMAAN SISWA BARU

A.      Layanan Informasi Pendaftaran :
Sekretariat Panitia Penerimaan Siswa Baru (PPDB) SDIT Salsabila Klaseman : Alamat Jl. Pamularsih RT.06 RW.38 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta Telp kantor (0274) 4462882. Cp. Jeni Hetita: 0858 7981 1827 / M. Zaelani: 08170403604

B.       Waktu Pendaftaran :
Pendaftaran dilaksanakan selama jam kerja Pukul 08.00 – 14.00 WIB.

C.      Gelombang Pendaftaran :
-          Gelombang I              :      1 Desember 2017 – 20 Januari 2017
Tes Observasi              : Sabtu, 21 Januari 2017
Pukul                           : 08.00 – 12.00 WIBB.
-          Gelombang II             :      22 Januari – 20 Februari 2017
JIKA KUOTA BELUM TERPENUHI

Waktu penitipan calon siswa baru sewaktu-waktu di tutup jika kuota yang tersedia telah terpenuhi.

D.      Syarat-syarat Pendaftaran :
1.      Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp  100.000,-
2.      Mengisi formuir pendaftaran.
3.      Menyerahkan foto copy akte kelahiran 1 lembar.
4.      Menyerahkan foto copy KTP Orang Tua 1 lembar
5. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK) 1 lembar
6.      Menyerahkan rapor dan surat keterangan pindah sekolah (bagi siswa pindahan).
7.      Memenuhi usia minimum 6 tahun (per 1 Juli 2012).

E.       Proses Pengambilan dan Pengembalian Formulir :
1.      Pendafatar (orang tua/wali calon siswa) datang langsung ke Sekretariat PPDB.
2.      Pendaftar membayar biaya pendaftaran.
3.  Pendaftar dicatat identitasnya pada form data pembelian formulir, selanjutnya dibuatkan kuitansi pembayaran formulir. (Bila memerlukan informasi selengkapnya harap menghubungi bagian informasi)
a.   Pendaftar mendapat satu berkas pendaftaran yang terdiri dari kuitansi, map, form isian data calon siswa dan orang tua, stiker, tanda terima berkas dan undangan observasi/tes.
b.    Pendaftar mengembalikan formulir bersamaan dengan saat tes observasi anak.

F.       Proses dan Materi Observasi/Tes
1.      Pendaftar mendapat undangan/jadwal  observasi/tes pada saat pendaftaran.
2.      Materi observasi:
a.      Observasi Psikologi, merupakan usaha untuk mengetahui:
-           Perkembangan mental anak
-           Akhlak dan keperibadian
-           Kemampuan sosialisasi
-           Kemandirian
-           Tingkat kecerdasan
-           Pola interaksi anak dengan teman
-           Motivasi dan kesiapan belajar
b.      Test membaca iqro (KIBAR) , membaca dan menulis latin dan berhitung sederhana
c.       Tes Ibadah (untuk calon siswa SD pindahan bukan kelas 1)
-        Sholat dan wirid sholat
-        Doa-doa harian
-        Membaca iqro/Al Quran
-        Menulis Latin dan Arab
-        Hafalan surat-surat pendek
3.      Apabila pada pelaksanaan observasi psikologi calon siswa tidak dapat hadir atau ada hal lain yang mengakibatkan kurang sempurnanya penilaian maka akan diberi kesempatan untuk tes observasi sebelum tanggal pelaksanaan observasi resmi. Waktu sesuai kesepakatan.
4.    Observasi untuk orang tua dilaksanakan pada saat observasi siswa berlangsung. Observasi orang tua untuk mendapatkan informasi tentang cara orang tua mendidik anak di rumah, perilaku anak, kemandirian, lingkungan keluarga, dan kesanggupan pembiayaan administrasi sekolah.

G.      Pengumuman Hasil Seleksi :
Hasil observasi/tes diumumkan secara  tertulis kepada orang tua/wali, via sms dan dapat pula dilihat di papan pengumuman sekolah pada hari yang telah ditentukan.
Jadwal Pengumuman Hasil Observasi:
-          Gelombang I               :  2 hari setelah tes observasi (23 Januari 2017)

H.   Daftar Ulang
1.      Bagi siswa baru yang sudah dinyatakan diterima wajib mendaftar ulang, selambat-lambatnya 14 hari (H+14) sesudah pengumuman.
2.      Daftar ulang dilaksanakan di Sekretariat Penerimaan Siswa Baru SDIT Salsabila Klaseman Jl. Pamularsih RT 06 RW 38 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman.(0274) 4462882.
3.      Persyaratan daftar ulang :
a.       Melengkapi persyaratan administrasi :
1)      Setiap orang tua/wali calon siswa baru telah menandatangani surat pernyataan kesediaan membayar biaya sekolah (Infaq gedung dan uang sekolah).
2)      Setiap orang tua/wali calon siswa baru harus menandatangani pernyataan kesediaan menaati peraturan/tata tertib sekolah.
3)      Pernyataan kesediaan diserahkan kepada panitia oleh orang tua/wali calon siswa tidak boleh diwakilkan.
b.   Melunasi biaya awal (sarana prasarana, baju seragam dan peralatan pendidikan) yang sudah ditentukan.
c.       Kekurangan biaya sekolah dilunasi selambat-lambatnya tanggal 30 September 2012.
4.      Bagi calon siswa baru yang telah diterima, tetapi tidak melaksanakan daftar ulang pada batas waktu yang telah ditentukan, tanpa pemberitahuan, dianggap mengundurkan diri.

Ketentuan Biaya Daftar Ulang ada dalam formulir
I. Orientasi
Orientasi merupakan kegiatan untuk lebih memperdalam pengenalan siswa baru dan orang tua/wali terhadap sekolah, lingkungan, dan program kegiatannya serta sebagai media bagi sekolah untuk mensosialisasikan program-programnya dan mendapat masukan-masukan dari pihak orang tua/wali siswa.
Kegiatan orientasi terdiri atas 2 (dua) jenis yakni orientasi orang tua/wali siswa baru dan orientasi siswa baru. Hanya calon siswa yang telah dinyatakan lulus observasi/tes yang berhak dan wajib mengikuti kegiatan orientasi.
Ketentuan-ketentuan yang terkait dengan aturan orientasi akan disampaikan oleh sekolah.
Jadwal kegiatan Orientasi Siswa Baru dan Orientasi Orang tua Siswa Baru akan diberitahukan oleh Panitia PPDB pada bulan Juli 2017

J.      Ketentuan Seragam Sekolah
Bentuk, jumlah, warna, model serta atribut seragam sekolah ditentukan oleh sekolah dan dalam bentuk kain, model sudah ada dalam gambar.
Pengambilan seragam membawa bukti pelunasan seragam.
Seragam putra berupa paduan celana panjang dan hem lengan  panjang. Seragam putri berupa baju/blouse lengan panjang, rok/celana panjang dan kerudung. Untuk seragam olahraga berupa celana panjang training dan kaos (desain seragam sesuai gambar yang diberikan)

Gambaran umum seragam sekolah :
a.       Hari senin memakai baju merah putih.
b.      Hari Selasa memakai seragam bebas muslim (bukan jeans dan kaos).
c.       Hari Rabu memakai seragam pramuka.
d.      Hari Kamis memakai seragam batik yayasan.
e.       Hari Jumat memakai seragam yayasan hijau polos.
f.       Seragam olahraga dipakai hanya pada saat pelajaran olahraga sesuai jadwal.


PENUTUP
Semoga panduan ringkas ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pengguna. Apabila ada hal-hal yang masih memerlukan penjelasan lebih lanjut, insya Allah Bapak/Ibu bisa mendapatkan informasi secara langsung dan selengkap-lengkapnya dari sumber-sumber pelayanan informasi kami, sebagaimana tercantum di bagian awal panduan ini.
Kami akan membuka diri dan berterima kasih atas perhatian, kerjasama, kritik, saran dan masukan lain sebagai bahan untuk meningkatkan mutu layanan dan kinerja kami.

Sleman,  1 Desember 2017
Panitia PPDB
SDIT Salsabila 2 Klaseman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kartini Day