Selasa, 15 November 2016

SAINS CLUB SALSABILA LAKUKAN PERCOBAAN TEKANAN UDARA

Kali ini sekolah unggulan di Sleman ini mengajak para muridnya untuk melakukan percobaan tentang tekanan udara. Bersama guru pendamping yang mumpuni dari Tim Kata Dema, anak-anak diajak duduk melingkar mendengarkan penjelasan terlebih dahulu. Pada pertemuan sebelumnya mereka sudah diminta menyiapkan bahan dari rumah berupa gelas, piring dan uang logam, sementara bahan yang lain lilin, korek api dan pewarna air disiapkan guru pengampu.
Setelah penjelasan selesai, mulailah sang guru melakukan percobaan yang pertama kali, yang selanjutnya diikuti satu persatu dari mereka.

Percobaan kali ini akan membuktikan adanya tekanan udara dan pengaruh tekanan udara terhadap pergerakan udara. Selain itu kita juga dapat mengetahui pengaruh oksigen terhadap nyala api.
Langkah kerja yang dilakukan adalah sebagai berikut :
- Pertama-tama kita siapkan semua bahan yang diperlukan.
- Tempelkan lilin di atas piring yang telah disediakan
- Tuangkan air yang telah dibei sedikit pewarna makanan kedalam piring
- Lalu tutup lilin dengan gelas dan ukur berapa tinggi permukaan air di dalam gelas
- Setelah itu angkat gelas dan nyalakan lilin
- Setelah lilin menyala tutup dengan gelas dan lihat apa yang terjadi
Hasil dari percobaan ini adalah ketika lilin yang menyala di tutup dengan gelas, semakin lama nyala api semakin redup hingga akhirnya mati. Dalam proses redupnya api, tinggi permukaan air di dalam gelas juga semakin naik.
Mengapa hal ini bisa terjadi?
Lilin semakin lama semakin redup karena dalam proses pembakaran dibutuhkan oksigen, namun dalam ruangan tertutup oksigen yang dibutuhkan terbatas. Sehingga beberapa saat setelah lilin di tutup dengan gelas, api pada lilin semakin lama semakin redup hingga akhirnya mati karena kadar oksigen yang di perlukan untuk proses pembakaran tidak mencukupi. Molekul oksigen yang hilang karena proses pembakaran, menyebabkan tekanan udara di dalam gelas lebih kecil di bandingkan dengan tekanan udara di luar gelas.
Wajah-wajah ceria dan lucu menambah semangat guru pendamping untuk melakukan percobaan-percobaan lain yang lebih heboh untuk memancing rasa penasaran mereka. Semoga kegiatan ini menjadi bagian dari pengalaman menarik bagi mereka.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kartini Day